Pekerjaan Saya, Karier Saya

Saya baru ingat kalau pernah menulis ini tapi di posting di kolom Kompasiana saya. Ini tulisan sekedar opini melihat begitu banyak teman-teman saya yang bingung dengan pekerjaannya sekarang. Apakah ini karier mereka atau hanya sekedar pemenuhan status saja. Tulisan ini ditujukan juga bagi Anda yang masih menimbang-nimbang apakah pekerjan yang digeluti sekarang sudah sesuai dengan keinginan dan mampu menaikkan jenjang karier. Jika masih bingung, yuk simak tips dibawah ini agar tak perlu bingung lagi dengan pekerjaan dan impian karier Anda.

Ingatlah minat Anda

Apakah pekerjaan yang Anda jalani sekarang sesuai dengan minat Anda? Jika tidak, cobalah telusuri apa sebenarnya minat dan cita-cita Anda dahulu. Carilah pekerjaan yang dirasa mampu memaksimalkan keahlian dan kemampuan yang Anda miliki.

Pertimbangkan gaya hidup Anda

Seperti apa gaya hidup yang Anda inginkan dalam karier? Lihatlah dan tanyakan hal ini pada diri Anda sendiri, jika Anda seorang pendiam, siapkah Anda dengan pekerjaan yang menuntut Anda bertemu klien dan presentasi setiap saat? Atau mungkin bagi Anda yang cukup extrovert, siapkah Anda bekerja dengan tim kecil yang kerjanya hanya seharian di depan komputer?


Bekerja vs Bersenang-senang

Pekerjaan juga berhubungan dengan kesenangan. Jika kita senang melakukan suatu hal, maka segalanya pun menjadi mudah dilaksanakan. Selain minat, cari tahu juga hal-hal yang Anda sukai dari pekerjaan yang akan atau telah Anda pilih. Misalnya, kalau Anda lebih suka menata interior rumah tinggal, mengapa mesti banting tulang menjadi arsitek gedung pencakar langit. Kalau Anda lebih suka jalan-jalan keluar kota dan menulis untuk sebuah majalah, mengapa harus jadi bankir yang berkutat dengan nominal-nominal.

Mulailah pencarian

Setelah Anda memahami tiga poin diatas dan menemukan jawabannya. Kini saatnya menentukan apakah pekerjaan Anda sekarang sudah sesuai dengan impian Anda. Jika menurut Anda belum sesuai, cobalah sambil iseng cari info tentang pekerjaan yang sesuai dengan gaya hidup dan minat Anda. Kemudian bayangkan kira-kira apakah Anda ingin bekerja seperti pekerjaan yang dibayangkan tersebut dan sudah sesuaikah bayangannya dengan impian Anda. Seperti kata sebuah quotes “Pilihan karier Anda haruslah tergantung pada kebahagiaan Anda dalam bekerja.”

Renee Suhardono, seorang pakar dalam hal karier pun berkata, “Your job, it’s not your career.” Jadi, mari buka mata, hati, telinga dan pikiran Anda. Jangan pernah takut menentukan pilihan pekerjaan Anda dan temukan dimana sebenarnya karier Anda.

0 komentar:

Posting Komentar