A Brief Story about Rotaract Semanggi Club

Akhirnya, punya waktu juga buat menceritakan sedikit tentang aktifitas yang telah saya ikuti sejak tahun 2009 bersama Rotaract Semanggi. Di beberapa postingan sebelumnya saya sudah pernah memuat foto-foto kegiatan dan beberapa keseruan bergabung di community-based youth development club ini, tapi  sekarang mau lebih menjabarkan dengan singkat, ya siapa tau diantara beratus ribu pembaca blog saya #halah,  ada yang tertarik join disini…

Rotaract itu singkatan dari Rotary in Action, sebuah komunitas anak muda worldwide dengan anggota berusia 18 – 30 tahun. Rotaract bisa dibilang partner-in-service dari Rotary, a worldwide nonprofit organization yang telah berdiri di USA sejak 1968 dan sekarang telah tersebar di 163 negara dengan total anggota lebih dari 180.000, bedanya anggota dari Rotary adalah para businessman dan orang-orang sukses yang usianya diatas 30 tahun dan pastinya peduli pada kemanusiaan dan professional development.

Rotaract di Indonesia berjumlah 33 klub tersebar dari Medan, Jakarta, Bandung, Bogor, Purwakarta, Jogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Solo, Bali, Makassar. Di Jakarta sendiri ada 6 Rotaract club.

Rotaract ini tidak hanya menjadi komunitas dengan embel-embel ‘peduli kemanusiaan’ lho, tapi juga menggabungkan pilar utama yaitu Professional Development, International Service, Club Service dan Community Service dalam berbagai berbagai kegiatan unik, menarik, dan menyenangkan sebagai wadah generasi muda untuk berkembang personally maupun professionally.

Nah sekarang tentang Rotaract Semanggi yang tahun ini bertagline Dive, Jive, andShine, nih. Rotaract Semanggi sendiri didirikan oleh Rotary Jakarta pada 25 Mei 1986. Di klub ini terdapat 36 member aktif yang berasal dari beragam latar belakang, mulai dari Corporate Banking, Public Relation, HRD Training, Finance and Legal Officer, Diplomat, Advertising Agency, Marketing Research, IT Consultant, TV Producer, as well as civil servants, technicians, Organizers, Teachers, Entertainer, etc. Setiap minggu Rotaract Semanggi mengadakan weekly meeting di Shangri-La Hotel Jakarta jam 19.30 WIB dan menghadirkan beragam guest speaker dari beragam latar belakang juga. Selain itu, kegiatan disini juga dirancang sangat mampu untuk mengembangkan jiwa professional leader in ourself dengan kegiatan seperti Latihan Dasar Kepemimpinan Rotaract, Rotaract Leadership Institute, Rotaract District Conference, dll. Ada juga kegiatan kemanusiaan dengan mengadakan acara seperti charity dan Rotaract Semanggi punya sustainable project yaitu SD binaan di SDN Karet Tengsin, dimana kita mengadakan pembinaan demi kemajuan sekolah dan adik-adik kecil disana, mulai dari kegiatan minum susu bersama, simulasi gempa, mengajarkan mereka belajar bahasa inggris, mewarnai, mengadakan internet, dll yang pastinya bikin anak muda seumuran kita jadi makin peduli sesama. 

Nggak hanya kegiatan yang mungkin terkesan ‘formal’ seperti yang saya sebutkan diatas, Rotaract Semanggi juga punya seabrek kegiatan seru, seperti company visit, pameran foto JUMP! All Over the World, fellowship nonton atau karokean bareng, workshop tentang kopi bersama Anomali Coffee, trip keluar kota atau keluar negeri bersama, Social Media Festival (SMF ini merupakan acara pertama di Indonesia sebagai ajang temu komunitas, lho) dan seabrek kegiatan seru lainnya.

Rotaract Semanggi yang tergabung dalam District 3400 Indonesia ini juga telah dianugerahi beberapa penghargaan lho, diantaranya Best Club of The Year and Best International Project of The Year – Rotaract D3400 Indonesia (with project JUMP! All Over the World).

Nah, itu sekelumit tentang Rotaract dan Rotaract Semanggi, wadah dimana saya nggak hanya ketemu dengan orang-orang baru dan berbakat serta professional dibidangnya, tapi juga memperluas link saya,  membuka pikiran, menambah ilmu dan pengalaman, melatih jiwa kepemimpian dan kepedulian, dan pastinya melatih diri saya untuk menerapkan tagline Rotary itu sendiri ‘Service above Self’, mengutamakan kepentingan orang lain terlebih dahulu di atas kepentingan sendiri. Trust me, nggak ada ruginya gabung dikegiatan seperti ini. Your life won’t change, til you change your life. Salam Dive, Jive, and Shine!


Oya, menyambut World Rotaract Week 2012 , selamahampir dua minggu ini Rotaract Semanggi juga punya beragam kegiatan lho seperti kampanye bangun pagi melalui @IDBangunPagi, kampanye tentang local wisdom di @IDLocal Wisdom, kegiatan join meeting dengan Rotary Jakarta dengan guest speaker Mr. Ahmad Fuadi, penulis novel Negeri 5 Menara, company visit ke Kebab Turki Baba Rafi, Milky Day dan Belajar Bahasa Inggris di SDN Karet Tengsin, Interview di Radio PAS FM, dll. Beberapa keseruannya akan saya post di blog ini! Tunggu saja, ya ;-)

0 komentar:

Posting Komentar