Call Me Lucky, Call Me Quiz Hunter

Luck is believing you're lucky - Tennessee Williams

Sebenarnya saya nggak begitu percaya sih awalnya kalau setiap orang itu terlahir dengan keberuntungan, karena kadang kita bisa melihat ukuran lucky atau beruntungnya tiap orang itu kan beda-beda. Coba lihat ada orang yang kerja di perusahaan asing ternama tapi gajinya kecil, atau ada orang yang kerja di perusahaan kecil tapi sudah bisa beli mobil beberapa unit di umurnya yang masih 25 tahun. Yang saya percaya itu hanya bahwa setiap orang yang berusaha dan berdoa pasti akan meraih apa yang diimpi-impikannya bukan karena ada factor ‘luck’ di dalamnya. Atau karena memang bukan rejeki-nya untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Tapi lama kelamaan saya pikir factor ‘luck’itu ada baiknya juga dipertimbangkan sih, ya bukan apa-apa tapi setidkanya sebagai tombak di diri kita kalau kita sebenernya punya factor ‘luck’sejak lahir Cuma mungkin kadarnya beda-beda tiap orang.

aneka goodie bag dari berbagai majalah

Bicara soal keberuntungan, saya selalu merasa diri saya sedikit memiliki faktor ‘luck’ terutama dalam hal bermain kuis atau kompetisi. Dulu waktu kecil saya masih ingat sekali saya sering iseng-iseng mengirimkan kupon hadiah dari tabloid anak-anak Fantasi yang menjadi langganan saya. Setiap minggunya ada saja kuis di tabloid itu, ya hadiahnya mulai dari sekedar poster artis atau foto boyband idola, sampai merchandise seperti kaos atau kaset dari idola ternama saat itu. Entah apa yang membuat saya dulu segitu tertariknya ikutan kuis, yang saya tahu hanya saya kepengen aja punya barang-barang gratisan itu hihihi…Saya ingat sekali hadiah pertama yang saya dapat dari kuis adalah kaset album anak-anak kedua Agnes Monica saat single Yess!!-nya sedang booming di era-nya. Kemudian, seterusnya saya sering sekali memenangkan kuis dengan hadiah makin beragam mulai dari bola basket dari produk susu, poster boyband ternama Westlife beserta foto-fotonya dan beberapa grup band lainnya. Saat itu saya hanya berpikir mungkin saya menang kuis-kuis itu karena memang rejeki saya saja. Nggak berpikir kalau saya sebegitu beruntungnya sih.

Beranjak SMA saya berganti berlangganan majalah remaja perempuan yang juga terkenal di era-nya. Lagi-lagi tiap ada kuis atau lomba menulis cerpen atau blog saya rajin ikutan. Sayangnya, saya nggak pernah menang kalau ikutan lomba menulis blog atau cerpen, makanya saya pikir saya nggak seberuntung itu. Eh tetapi ternyata saya tetap sering menang kuis! Berkali-kali saya menang kuis yang hadiahnya kebanyakan nonton bareng dan undangan gratis ke acara musik atau fashion tahunan majalah-majalah tersebut plus sering dapet goodie bag gratis yang isinya barang-barang keren dan mahal! Saya ingat sekali acara party majalah yang saya datangi pertama kali itu party-nya majalah Seventeen (kini sudah nggak terbit lagi). Saat itu mereka mengiming-imingi pembaca dengan segudang goodie bag berisikan produk-produk keren macam sepatu dari Crocs yang awal-awal 2005 lagi ngetren-ngetren-nya. Berangkatlah saya ke Pacific Place demi si goodie bag itu, apalagi katanya 100 orang pertama itu bakal dapet Crocs limited edition. Beuh, gate-nya aja baru dibuka jam 9 pagi, tapi dari jam 7 sudah banyak cewek-cewek SMP-SMA bergaya sangat modis udah pada ngantri nungguin pengambilan goodie bag, untungnya sih, saya tetap masuk diurutan 100 dan saya berhasil dapet Crocs Mary Jane yang jaman SMA dulu saya pikir harganya mahal sekali hahaha! Selain itu, goodie bag-nya isinya ada sunglasses dari Spex, paket kosmetik dari Maybelline, dan banyak lagi. Anyway, sunglasses-nya bahkan masih saya pakai sampai sekarang lho!


sunglasses from Spex hadiah yg masih saya pakai sampai sekarang

Selanjutnya, sampai saya beranjak ke jenjang perkuliahan hasrat untuk mendapatkan sesuatu yang ‘gratis’itu makin tinggi. Sebenarnya bukan karena nggak modal sih, tapi kadangkala menang kuis itu kan bagian dari kebanggan diri karena dengan usaha kita, kita bisa mendapatkan apa yang kita mau dengan mudahkanya kan. Coba kalau orang lain malas ikutan kuis, mana bisa mereka dapat gratisan juga, paling mereka harus modal sendiri kan. Lagipula buat saya, untungnya ikutan kuis juga sekalian menambah pengalaman dan nambah teman plus lagi-lagi menguji keberuntungan saya haha!

beberapa voucher gratis dan undangan 

Di masa kuliah, saya pindah bacaan ke majalah perempuan yang lebih dewasa. Langganan saya itu sebuah grup majalah ternama yang majalah remajanya juga jadi langganan saya pas SMA dulu. Di majalah dewasa-nya juga sering mengadakan kuis nonton bareng. Again, saya nggak pernah ketinggalan ikutan kuis itu. Habisnya kadang-kadang pertanyaannya pun mudah dan sering ada clue-nya lagi. Jadi, dengan modal sms atau kirim e-mail saya sudah bisa ikutan kuis dan lagi-lagi saya merasa beruntung, saya beberapa kali memenangkan kuis nonton bareng dan serunya selalu ada goodie bag yang isinya macam-macam. Hore dapat gratisan dobel deh! Nggak heran di lemari, saya punya beragam tas goodie bag persembahan dari beberapa sponsor dan majalah-majalah yang mengundang saya itu. Lucunya, saya hanya berlangganan satu majalah dari grup majalah itu, tapi saya juga suka ikutan kuis dari website majalah-majalah lainnya yang masih satu grup dan entah saya beruntung atau enggak, saya sudah pernah menang kuis dari hampir semua majalah di grup itu hahaha!

Masuk ke dunia kerja, disaat facebook dan twitter juga makin booming, kegiatan quiz hunting saya belum juga berhenti. Kalau ada waktu luang saya masih sempat buka-buka website majalah langganan saya atau majalah-majalah lain yang sedang mengadakan kuis. Bahkan kadang saya sering ikutan kompetisi yang diadakan blog-blog traveling dengan iming-iming hadiah voucher hotel atau tiket pesawat ke luar negeri. Saya pernah iseng posting tentang kuliner Indonesia di blog itu dan voila lucky me saya dapat voucher menginap dua malam di hotel Gran Melia Kuala Lumpur hahaha! Padahal saya nggak berharap sama sekali, ngecek web-nya lagi aja sampai lupa, tau-tau dapat email kalau saya menduduki peringkat kelima dan dapat hadiah hihi…

hadian undangan premier @filmRECTOVERSO yay!

with Asmirandah at @filmRECTOVERSO premiere

with Prisia Nasution at @filmRECTOVERSO premier

Di dunia kerja sekarang, saya lebih mengandalkan twitter untuk memantau kuis, apalagi sekarang ada banyak akun yang menginfokan tentang beragam kuis dari berbagai pihak, seperti misalnya @kuisgratis atau @kuishunter, dan majalah-majalah juga sudah banyak yang menginfokan kuisnya lewat twitter. Bicara soal lucky lagi nih, saya sih nggak besar kepala kalau saya beruntung, toh sampai sekarang pun saya masih suka amaze sendiri kok bisa yah sampai udah umur segini aja saya masih bisa dapet gratisan hihi…Beberapa premiere film bersama pemain dan pendukungnya pernah saya datangi hanya dengan bermodalkan RT twitter atau follow dan like FB. Mulai dari film festival semacam Jiffest, Europe Film Festival, Kids Film Festival, Yang terbaru saya datangi adalah premiere @filmRECTOVERSO. Saya girang banget pas dikabarkan salah satu provider seluler kalau saya memenangkan kuisnya dan dapat undangan ke premiere filmnya. Ihiy sampai deg-deg-an saya pas ketemu Priscilla Nasution dan Asmirandah aktris idola saya. Yang lebih seru lagi, pas Valentine bulan Februari kemarin, saya mendapatkan undangan premiere film LOVE&HONOR dari dua majalah sekaligus! Kebetulan kuisnya diadakan oleh semua majalah milik sebuah grup majalah wanita besar yang jadi langganan saya itu. Saya ikut di dua majalah, jaga-jaga aja kali aja salah satunya menang. Eh tau-taunya saya menang di kedua majalah tersebut hahaha dan dapat 4 tiket sekaligus! Hebohnya lagi, pas ngantri registrasi di bioskop, saya kan daftar di dua majalah, dan orang majalahnya nggak mempermasalahkan, malah saya jadi dapat dua goodie bag dari dua majalah itu yang isinya cokelat Valentine yang cantik beserta novel dan other goodies yang cool!


Cokelat valentine yang saya dapat di Vday 2013 kemarin

Call me lucky kalau sampai saya bisa menang di dua majalah dalam satu grup yang sama, padahal saya mikirnya harusnya sesama majalah dalam satu grup mereka punya database yang sama dan yang sudah menang harusnya kan nggak boleh dimenangin lagi. But yeah, it’s my luck maybe!


isi goodie bag yang saya dapat setelah nonton premier LOVE&HONOR, Feb 2013

Yang lebih aneh lagi, saya pernah iseng ikutan kuis di Facebook sebuah online shop women's bag. Saya sih nggak ngincer tas-nya, cuma kayaknya lucu aja kalau saya punya satu tas itu. Caranya cuma nulis nama dan email di wall FB mereka dan jeng jeng, pas pengumuman pemenang, nama saya muncul aja gitu jadi WINNER! Hahaha tas putih cantik ini akhirnya di tangan saya. Padahal saya lihat jawaban saya sama dengan peserta lain apalagi mungkin ini sistemnya kan random choosing. Ah, spceehless, mungkin saya memang beruntung lagi kali ini. Oiya, pernah juga dapat kasus yang sama, saya ikutan kuis cuma dengan menjawab di wall FB majalah wanita gitu, jawabannya padahal sama dengan semua peserta di wall itu, eh taunya saya yang menang dapat paket kosmetik senilai 4 juta malah haha! It's just my luck, again

Dream bag iseng-iseng dari Facebook hihi...

salah satu isi  dari paket kosmetik yang saya bilang senilai 4 juta itu

Dan buat saya tahun 2013 ini merupakan tahun keberuntungan saya. Terlepas dari semua ini memang rejeki saya, tapi saya pikir ini adalah benar-benar keberuntungan. Dari sekian banyak kuis yang saya ikuti selama bulan januari sampai terakhir maret 2013 ini, saya sudah memenangkan beragam hadiah mulai dari tiket nobar, voucher diving, voucher hotel, voucher belanja di Carrefour, undangan aneka goodie bag dari undangan food blogger gathering (oiya saya itu food blogger, jadi sering dapat undangan food tasting gratis, dan ini buat saya juga suatu keberuntungan hihi), beberapa potong pakaian dan jeans dari toko online, bahkan sampai perhiasan emas! 


anting campuran emas putih  dan kuning dari salah satu majalah wanita

Huah, saya tidak tahu harus bersyukur seperti apa kepada Allah SWT atas rejekinya yang berlimpah pada saya. At least, sampai sekarang saya masih memegang teguh kepercayaan kalau kita berusaha pasti ada jalan. Dan setiap kerja keras pasti ada reward-nya. Dulu teman-teman saya sering mencibir begini, “gile, elo kaga ada kerjaan lain apa selain ngekuis,” bahkan pacar saya sampai sebel kalau saya dapet gratisan melulu sampai-sampai saya di kasih nama tengah Miss Gratisan atau Miss Diskonan. Tapi semakin sering saya menang, pertanyaan mereka berubah, “eh gimana sih caranya bisa menang terus?”, “elo pake pelet apa chaa biar menang,”atau malah “gue ngegedein hidung kali ya biar lucky kayak elo.” Hahaha it’s fun to hear my friends’ comments. Bagaimanapun juga di dunia ini sebenernya nggak ada yang gratis. Saya tetep kudu usaha buat memenangkan kuis dan kompetisi itu, apalagi kalau kuisnya harus banyak-banyakan vote dan likes. Sebel sih sebenernya dengan kuis yang harus pakai syarat banyak-banyakan likes, usahanya harus benar-benar niat, sampai-sampai demi likes yang banyak saya sampai ngerayu seluruh isi kantor sampai ke bos saya untuk bantu likes hihi…

salah satu voucher hotel terbaru yang saya dapat dari doorprize di seminar diving haha!

 undangan gratis dari majalah wanita ke konser penyanyi idola saya! Gilaa senengnya!

Dan yeah, again, semua usaha itu pasti ada hasilnya. Kalau nggak berhasil anggap aja belum beruntung atau belum rejeki. Lagipula saya yakin kok setiap orang terlahir beruntung or at least punya faktor "luck"-nya masing-masing. Tinggal gimana mengenali keberuntungannya aja. Sampai saat ini saya belum ingin berhenti jadi quiz hunter, sampai saya menulis ini untuk disertakan dalam kompetisi blog Chic Magazine. Jadi, let’s see apakah kali ini saya beruntung untuk bisa memenangkan kompetisi blog ini haha. Let’s pray and let’s believe that I'm lucky!


Salam quiz hunter,

Icha


yay dapet lagi vocer hotel di Seminyak Bali lagi!


aneka goodie bag yang baru-baru ini saya dapat dari undangan food blogger gathering


*tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti CHIC Magazine Blog Contest 2013

0 komentar:

Posting Komentar