Find Your Passion

Dari kemarin saya lagi bingung dengan istilah passion yang sering dibangga-banggain teman-teman saya. Setiap kali ngomongin pekerjaan pasti ada yang bilang 'makanya kalo kerja sesuai passion lo dong!'. Banyak orang salah kaprah sebenarnya dengan makna passion itu sendiri. Someone said that passion is your dreams, some others said that passion is your hobbies. However, when I read the books from Renee Suhardono, a famous career coach 'Your Job is Not Your Career', passion is none of those qualification, neither dreams nor hobbies.

Passion is not related to our habits or our skills, but it's related to all the things that waken our interest. Anything! Tapi bukan hal-hal kesukaan belaka aja lho kayak makan, tidur, cari uang atau nonton DVD. Passion itu harus mewakili keunikan bertindak tau beraktivitas yang diRASAkan oleh masing-masing individu.

Passion is things that you really really love doing. Your passion is your strength. And your strength is NOT about what you're good at. It is about what you enjoy the most.

Yes WHAT YOU ENJOY THE MOST is YOUR PASSION!

Passion sudah ada di dalam diri kita sebagai keunikan kita. Keunikan yang seperti apa, keunikan saat menjalani sesuatu yang 'kita banget'. Sesuatu yang membuat kita sangat ANTUSIAS dalam melakukannya even tanpa dibayar sekalipun misalnya. Pada akhirnya nanti passion emang nggak semata-mata berhubungan dengan pekerjaan kita. Bisa jadi pekerjaan kita bukan passion kita. Tapi passion kita bisa jadi pekerjaan dan karir kita. Atau bisa jadi semuanya berjalan beriringan, kita menekuni pekerjaan sekaligus menekuni passion.

Seperti saya saat ini, passion saya itu something about food blogging tapi pekerjaan saya sekarang editor bahasa. Walaupun saya belum berhasil mendapatkan pekerjaan sebagai food writer di sebuah majalan ternama misalnya, tapi at least disela-sela pekerjaan editing, saya tetap bisa memenuhi passion saya menjadi food blogger yang aktif keliling-keliling cari tempat makan baru. Ya, siapa tahu someday passion itu bisa jadi karir saya kan.

So, let's start from the simple things. Just find your uniqueness. What you enjoy the most, what your enthusiasm and find your passion.

Here it is some of my another passion.



0 komentar:

Posting Komentar